Kamis, 18 Agustus 2011

melaksanakan penagihan pembayaran

RPP Menagih Pembayaran Hasil Penjualan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                : SMK  Negeri 1 Udanawu Blitar
Mata Pelajaran               : Produktif Pemasaran (Kompetensi Kejuruan)
Kelas/Semester               : XI /1
Pertemuan ke                 ­: 1 s.d 12
Alokasi Waktu               : 9 X 45 menit
Standar Kompetensi      : Menagih Pembayaran (hasil Penjualan)
Kompetensi Dasar          : Mengidentifikasikan klausul klausul perjanjian
Indikator                        :  ­-  Arti klausul diidentifikasi
                                          -  ­Arti perjanjian jual beli dipahami Tujuan pembuatan klausul disebutkan kembali
                                          -  Subjek dan objek dibedakankan dalam perjanjian
                                          -  Klausul perjanjian jual beli dibaca dan dipelajari kembali, seperti
jatuh tempo, pembayaran, sanksi keterlambatan pembayaran
                                          -  Pembayaran pelanggan dikonfirmasikan kebagian keuangan,
apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli
                                          -  Daftar pelanggan yang akan atau telah jatuh tempo disusun untuk
kemudahan menghubungi pelanggan

I.       Tujuan Pembelajaran   :
Siswa dapat
·         Mengidentifikasi arti Klausul Perjanjian
·         Memahami Arti perjanjian jual  beli
·         Menyebutkan Tujuan dibuat Klausul dalam perjanjian jual  beli
·         Membedakan Subyek dan Obyek Perjanjian jual beli
·         Mengetahui Isi  dari pada Klausul perjanjian jual beli
·         Mengkonfirmasikan pembayaran  pelanggan kebagian keuangan, berdasarkan barang yang terjual
·         Menyusun  daftar pelanggan yang jatuh tempo berdasarkan zona tempat tinggal

II.    Materi Pokok :
·         Arti Klausul
·         Arti perjanjian jual  beli
·         Tujuan perjanjian jual beli
·         Isi perjanjian jual beli
·         Subjek  dan objek perjanjian jual beli
·         Masa berlaku perjanjian jual beli
·         Jatuh  tempo perjanjian jual beli

III. Metode Pembelajaran :
·         Penugasan
·         Diskusi kelompok @ 5  orang
·         Ceramah
·         Presentasi
·         JIGSAW dan Kooperatif model STAD

IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN KE ­1- 3
(1) Kegiatan Awal :
      Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan dan penyampaian topik dan tujuan pembelajaran
(2) Kegiatan Inti :
1.   Pembagian kelompok
2.   Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya
3.   Peserta didik membaca tentang arti klausul, arti perjanjian jual beli, dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli
4.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang arti klausul arti perjanjian jual beli dan tujuan perjanjian jual beli
5.   Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang arti klausul, arti perjanjian jual beli dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli untuk dipresentasikan
6.   Presentasi oleh masing-masing kelompok
7.   Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
8.   Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
9.   Contoh-contoh surat perjajian jual beli untuk didiskusikan sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.
10. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Mengetahui arti klausul
2. Mengetahui arti perjanjian jual beli
3. Menyebutkan tujuan dibuat klausul dalam perjanjian jual beli
(3) Kegiatan Akhir
1.   Guru membimbing siswa untuk bersamasama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.
2.   Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur


PERTEMUAN KE – 4 - 6
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan arti klausul, arti perjanjian jual beli dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli
(2) Kegiatan Inti :
1.   Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya       
2.   Peserta didik membaca tentang isi perjanjian jual beli serta subjek dan objek perjanjian jual beli
3.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang isi perjanjian jual beli serta subjek dan obek perjanjian jual beli
4.   Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang isi perjanjian jual beli serta subjek dan objek perjanjian jual beli untuk dipresentasikan
5.   Presentasi oleh masingmasing kelompok
6.   Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
7.   Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
8.   Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1.   Isi perjanjian jual beli
2.   Subjek dan objek perjanjian jual beli
(3) Kegiatan Akhir
1.   Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka dengan yang ada dimodul
2.   Guru membuat kesimpulan akhir

PERTEMUAN KE – 7 - 9
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan tentang masa berlaku perjanjian jual beli, jatuh tempo perjanjian jual beli, dan sanksi keterlambatan dalam perjanjian jual beli
(2) Kegiatan Inti :
1.   Peserta didik membaca tentang masa berlaku perjanjian jual beli, jatuh tempo perjanjian jual beli dan sanksi keterlambatan
2.   Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab
3.   Setiap individu peserta didik membuat klausul perjanjian jual beli.
4.   Guru bertindak sebagai pembimbing
5.   Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi tanggapannya.
6.   Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Masa berlaku perjanjian jual beli
2. Jatuh tempo dan sanksi keterlambatan
(3)  Kegiatan Akhir
Satu atau dua siswa menyimpulkan tentang masa berlaku perjanjian jual beli, jatuh tempo dan sanksi keterlambatan.Guru membuat kesimpulan akhir.

V. Alat/Bahan Sumber Belajar :
1.   Alat/Bahan : ­
·         Alat tulis
·         Alat peraga
·         ­Format dan formulir perjanjian jual beli
·         ­Bea materai
·         Laptop dan LCD Proyektor
  1. Sumber Belajar : Format klausul perjanjian jua beli,
·         ­Modul Menagih pembayaran karya Dra. Devi Puspitasari M.Pd dkk
·         ­Modul Menagih Pembayaran karya Tim Penjualan SMK Penerbit PT.Galaxy Puspa
Mega
·         Internet dan CD Pembelajaran

VI.  Penilaian :
1.      Jenis test :
­      Test lisan ( pre test )
­      Test Perbuatan
­      Test Tertulis
2.   Bentuk test :
­      Pilihan Ganda
­      Uraian

Contoh test awal ( lisan )
a.   Pernahkah anda mendengar istilah klausul, istilah perjanjian jual beli dan tujuan perjanjian jual beli ?
b.   Minggu yang lalu anda telah mempelajari arti klausul, arti perjanjian jual beli dan tujuan jual beli, coba sebutkan!
c.   Coba sebutkan secara garis besar materi bahasan minggu lalu

Contoh test perbuatan (proses)
Buatlah klausul perjanjian jual beli
Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat klausul perjanjian.
Adapun format yang digunakan sebagai berikut:

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Kompeten
Belum Kompeten
Keseuaian Materi
Pengeta huan
Ketram pilan
Sikap
Jumlah
1
AAAA
3
2
2
2
9
V

2
BBBB
2
1
1
1
5

V
3








4
Dst……..








Nilai Maksimal
4
2
2
2




Keterangan :
a.   Kesesuaian materi:
      4 = Sangat sesuai
      3 = Sesuai
      2 = cukup sesuai
      1 = tidak sesuai
b.   Pengetahuan / Ketrampilan / Sikap :
      2.0 = sangat baik
      1.5 = baik
      1,0 = cukup baik
      0.5 = kurang baik

Contoh test akhir ( tertulis )
Contoh 1.
1.   Persetujuan atau kesepakatan tertulis atau lisan yang dibuat oleh pihak penjual dan pembeli yang isinya mengandung makna persyaratan jual beli yang harus ditaati oleh kedua belah pihak selaku penjual dan pembeli disebut ....
      a. klausul
      b. transaksi
      c. perjanjian
      d. bukti otentik
      e. perjanjian jual beli
2.   Membuat contoh surat perjanjian jual beli berdasarkan data dibawah ini :
Penjual                     : Adisti Puspitasara SE, manager penjualan PT. Murah Hati. Alamat Jln Cipulir I Keb Lama Jakarta Selatan
Pembeli                    : Septiani Melia SH. Manager Pembelian CV. Baik Hati.
                                    Jln. Alamanda Raya Jakarta
Barang yang dijual   : Sepeda motor merek Honda Supra – X tahun 2008.
                                    No mesin Smk 15072008 ,
                                    No Rangka Ksm 20080715
                                    Warna merah marun,
                                    No polisi B 1208 SLH
Syarat pembayaran   : Harga Rp. 15.000.000,00.
                                    Pembayaran dilakukan secara tunai setelah barang diterima

Bobot penilaian / penskoran :
Jenis Soal                 Nomor / Jumlah soal            Bobot Nilai                 Jumlah
PG                            1 - ­25                                    2                                  50
Uraian                      1 (perjanjian Jual beli)          50                                50
Jumlah                                                                                                       100



Mengetahui                                                                       Blitar,       Juli 2010
         Kepala SMK N 1 Udanawu Blitar                                   Guru Mata Pelajaran



         Drs. HARTOYO, M.M. M.Pd.                                        Rudy Setiawan, S.Pd.
         NIP. 19570101198203029                                               NIP. 197410072009011005
 
http://pemasaransmkn1udanawu.blogspot.com/2011/04/rpp-menagih-pembayaran-hasil-penjualan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar