Kamis, 18 Agustus 2011

profesional bekerja


Mereka yang baru mulai belajar dan mempunyai pola pikir instan tidak akan pernah menjadi seorang yang profesional.

Seorang profesional yang berpikir instan akan menghasilkan karya yang bagus karena didukung oleh pengetahuan dan pengalamannya. Tetapi para pemula yang berpikir instan tidak akan menghasilkan apa-apa karena memang belum mempunyai apa-apa.
Profesional mengerjakan hal-hal detail yang orang lain menyepelekannya. Kadang kalau kita membuat animasi yang hanya bergerak dari kiri ke kanan saja sudah puas. Tetapi lain halnya dengan seorang profesional, ia memikirikan perasaan orang lain. Bagaimana agar animasi tersebut terlihat menarik, menghibur dan dipahami dengan mudah. Bagaimana agar keindahan warna pada gambar dapat memberi rasa yang nyaman dan lain sebagainya. Tetapi para pemula yang mempunyai pola pikir instan tidak akan bisa mengerti dan memahami orang lain sehingga karya-karya mereka tidak unik karena berusaha meniru orang lain.
Profesional bekerja lebih banyak dari orang kebanyakan. Kuncinya adalah kerja keras, rasa tidak puas dan ingin terus menjadi lebih baik. Pemula yang berpikir secara instan tidak percaya akan kerja keras. Biasanya mereka mencari banyak software, tool agar bisa menjadi lebih baik. Padahal sesuatu yang baik itu ada dalam diri sendiri dan hasil dari kerja keras, bukan dari software.
Profesional membuat sesuatu yang rumit menjadi lebih sederhana, bukan sebaliknya. Bila menemukan sesuatu yang rumit, jangan berhenti atau putus asa. Terus berusaha sehingga apa yang kita anggap rumit menjadi sederhana. Dibutuhkan waktu dan latihan sehingga sesuatu tersebut kelihatan menjadi sederhana. Seorang Profesionalpun butuh waktu dan latihan, apa lagi seorang pemula. Tidak ada cara yang instan. Bila ada cara yang instan, kita akan melewati pengalaman-pengalaman yang sangat berharga.
Profesional fokus dan ahli pada satu bidang, bukan mengerjakan banyak bidang setengah-setengah. Tidak ada yang dapat mengerjakan segalanya. Kita butuh orang lain untuk membantu pekerjaan kita. Bila dikerjakan semua, kita hanya akan menjadi mesin pekerja yang tidak mempunyai cukup banyak waktu untuk bersenang-senang. Oleh karena itu fokus pada sesuatu dan bila ada hal yang tidak bisa kita lakukan, ajak orang lain untuk melakukannya. Dan butuh kerendahan hati dan jiwa yang besar untuk melakukan ini.  Tetapi hasilnya luar biasa. Mereka yang egonya sangat tinggi akan tergilas oleh kesombongannya sendiri.
Semoga dengan mengenal sifat-sifat dari para profesional ini, kita bisa mempertahankan kerja keras, fokus dan jangan pernah berhenti belajar . Berikan waktu untuk diri sendiri untuk berkembang, jangan menghakimi sebelum mencoba. Just Do It!
http://tutorial.babastudio.com/2008/08/02/profesional-adalah-kerja-keras/
Share This Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar